nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sotong Pangkong, Kuliner Khas Ramadan di Pontianak yang Mendunia

Dina Prihatini, Jurnalis · Sabtu 11 Juni 2016 06:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 11 298 1412196 sotong-pangkong-kuliner-khas-ramadan-di-pontianak-yang-mendunia-U58wQptya5.jpg Ilustrasi sotong pangkong Pontianak (Foto: Google)

SETIAP bulan Ramadan, masyarakat Pontianak selalu menikmati panganan khas yaitu sotong pangkong. Sepanjang Jalan Merdeka pada malam hari hampir tak pernah sepi dari penikmat sotong pangkong.

Kedua sisi pinggir jalan dijejali para pedagang sotong pangkong. Sotong adalah bahasa melayu yang artinya cumi-cumi. Disebut sotong pangkong, karena cumi-cumi yang sudah dikeringkan ini, setelah dipanggang di atas bara api, kemudian dipukul-pukul menggunakan palu atau dipangkong (bahasa Melayu). Maksudnya agar rasanya gurih, kemudian siap dihidangkan.

Menikmati sotong pangkong rasanya kurang lengkap tanpa sambal. Ada dua jenis sambal yang disajikan para pedagang, yakni sambal cair dan sambal kacang.

Salah seorang pedagang sotong pangkong, Bang Sam (52), mengatakan, dirinya berjualan sotong pangkong sudah genap 12 tahun. Peminat yang datang menikmati kuliner khas Pontianak di lapak miliknya pun semakin tahun kian meningkat.

“Mulai dari anak kecil, orang tua dan terutama remaja yang datang untuk menikmati sotong pangkong setiap malamnya,” ujar dia saat ditemui di tempatnya berjualan.

Harga sotong pangkong yang ditawarkan pun bervariatif, tergantung ukurannya. Mulai dari belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah. Bahkan, dalam satu malam, pedagang mampu meraup keuntungan hingga jutaan rupiah. Tak jarang, pengunjung yang datang menikmati sotong pangkong berasal dari luar Pontianak.

“Ada tamu yang kebetulan datang dari Jakarta dan daerah lainnya bahkan dari negeri tetangga, Malaysia dan Brunei, setelah melihat tayangan di televisi, mereka penasaran ingin mencicipi rasa sotong pangkong di sini,” kata Bang Sam.

Salah seorang penikmat sotong pangkong, Irene (24) asal Jakarta, mengaku dirinya pernah menyaksikan tayangan di salah satu televisi swasta tentang kuliner sotong pangkong di Pontianak.

“Kebetulan saya ada urusan di sini, saya penasaran untuk merasakan langsung sotong pangkong khas Pontianak. Ternyata benar, rasanya gurih dan sambalnya juga enak,” pungkasnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini