Teknik In Vitro Fertilization (IVF) Dinilai Aman

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 11 Juni 2016 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 11 481 1412350 teknik-in-vitro-fertilization-ivf-dinilai-aman-wsfK6HCe6r.jpg Ilustrasi (Foto: Standard)

ADA beberapa pendapat bahwa In Vitro Fertilization atau bayi tabung merupakan cara efektif yang mahal dan justru mengurangi kemungkinan seseorang untuk hamil.

Sebuah studi menunjukkan bahwa teknik IVF dirancang untuk mengurangi.risiko ibu mewariskan penyakit keturunan kepada sang buah hati. Teknik ini dipercaya berhasil dan sang ibu dapat melahirkan secara normal.

Newcastle University, Inggris, telah melakukan tes pra-klinis yang melibatkan 500 telur dari 64 wanita pendonor . Penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan teknik IVF ini dapat mengurangi mitokondria yang rusak dalam embrio, sehingga mempersempit kemungkinan sang bayi mewarisi penyakit keturunan dari orangtuanya.

"Intinya, kami membuktikan teknik aman digunakan. Embrio ini dibuat untuk membuat karakteristik kehamilan pada ibu," ujar Doug Turnbull, direktur dari Newcastle's Center for Mitochondrial Research, sebagai pembantu riset ini.

Teknik yang melibatkan 3 orangtua ini terbilang aman.IVF dilakukan untuk bertujuan menghilangkan mitokondria yang dapat memicu sang anak terkena penyakit transmisi seperti kebutaan, kelainan otak, gagal hati, maupun gangguan jantung. Demikian dilansir dari laman Reuters, Jumat (10/6/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini