nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk, Kurangi Minum Kopi agar Terhindar dari Kanker

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 13 Juni 2016 00:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 06 11 481 1412498 yuk-kurangi-minum-kopi-agar-terhindar-dari-kanker-SbpcpaNdWI.jpg Batasi minum kopi (Foto: Medicmagic)

SEBAGIAN besar wanita yang menderita endometriosis kerap kelebihan hormon estrogen dalam tubuhnya. Jumlah estrogen yang berlebihan dalam tubuh mereka dapat disebabkan karena faktor lingkungan luar.

Sebuah penelitian medis mengemukakan bahwa estrogen adalah hormon utama yang menyebabkan perkembangan endometriosis.

Hal ini dapat dipicu karena konsumsi kafein. Para peneli menemukan perempuan yang memiliki jumlah estrogen biasanya mengonsumsi kopi, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Perempuan yang mengonsumsi 4-5 cangkir kopi setiap hari mengalami peningkatan hormon estrogen hampir 70%. Empat sampai lima cangkir mengandung sekira 500 miligram kafein. Lebih mengkhawatirkannya lagi, peningkatan sel endometrium jenis endostriol dapat menyebabkan terjadinya kanker.

Selain itu, kafein juga mempengaruhi organ hati. Kafein dapat menghalangi fungsi hati untuk melakukan tugasnya, terutama estrogen yang dihasilkan bisa menghambat hati untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Demikian dilansir dari situs Boldsky, Senin (13/6/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini