nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Sering Minum Kopi Mengakibatkan Depresi

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 13 Juni 2016 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 11 481 1412508 waspada-sering-minum-kopi-mengakibatkan-depresi-dnWp4lTmxH.jpg Sering minum kopi akibatkan depresi (Foto: Enkivillage)

BAGI pecinta kopi, mungkin agak sulit untuk membatasi konsumsi kopi. Bahkan ada yang mengonsumsi kopi empat hingga lima cangkir per harinya. Namun, atas alasan kesehatan mungkin Anda pecinta kopi harus mengurangi porsi harian minuman yang satu ini.

Apabila kafein dikonsumsi dengan dosis besar dapat berdampak bagi kesehatan, baik pria maupun wanita. Kafein dapat memborbardir hormon adrenal hingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Konsumsi kafein ini dapat menyebabkan penurunan produksi hormon progesteron dan lebih dari lima puluh hormon penting lainnya.

Kafein memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Terutama pada perempuan karena dapat memicu produksi hormon estrogen yang berlebih. Efek ini berkontribusi terhadap perkembangan endometriosis yang mengakibatkan kondisi kelelahan, kembung, sakit perut, nyeri punggung dan leher, hingga depresi.

Setelah mengetahui dampak yang terjadi, disarankan bagi para pecinta kopi untuk mengurangi konsumsi kopi per harinya. Terutama di bulan Ramadan ini, sehingga puasa Anda bisa berjalan dengan lancar, Demikian dikutip dari laman Boldsky, Senin (13/6/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini