Turunkan Berat Badan di Bulan Ramadan, Ini Caranya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 12 Juni 2016 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 12 481 1412877 turunkan-berat-badan-di-bulan-ramadan-ini-caranya-ZYDWwdWYOU.jpg Turunkan berat badan saat puasa (Foto: Boldsky)

BULAN suci Ramadan sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat Muslim di dunia ini. Bagaimana kalau tidak sekaligus menurunkan berat badan? Bagaimana caranya? Simak uraian tipsnya di bawah ini, seperti disitat, Boldsky, Minggu (12/6/2016)

Tip #1

Pastikan untuk selalu sahur dan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Hindari mengonsumsi makanan atau masakan yang terlalu pedas dan berminyak. Sebaiknya pilih makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran, buah, dan daging-dagingan yang lembut.

Tip #2

Jangan biasakan untuk melewatkan sahur, sahur sangat penting karena sahur adalah ritual makan pertama untuk seharian selama di bulan Ramadhan. Sahur di waktu yang pas akan membantu Anda tetap merasa aktif dan segar selama seharian berpuasa. Melewatkan sahur malah membuat metabolism tubuh semakin lambat dan menghambat pembakaran lemak.

Tip #3

Pastikan mengonsumsi air yang cukup sewaktu sahur dan berbuka. Mulai dari air mineral hingga jus buah. Dengan mengonsumsi air yang cukup maka dehidrasi akan terhindari dan secara otomatis memperlancar proses metabolisme tubuh yang dapat membantu proses penurunan berat badan.

Tip #4

Sewaktu sahur dan berbuka pastikan makanan yang dimakan adalah makanan yang tinggi akan protein dan viber atau serat. Terutama saat berbuka, sebagai ritual makan terakhir per hari apabila mengonsumsi banyak protein, lemak sehat, dan serat akan meningkatkan proses metabolisme tubuh di malam hari yang dapat membantu proses pembakaran kalori lebih optimal.

Tip #5

Bulan Ramadhan sama dengan bulannya makanan dan minuman manis. Tapi jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya gantilah makanan dan minuman manis ini dengan buah-buahan dan jus buah.

Tip #6

Berpuasa bukan berarti tidak berolahraga, cobalah untuk tetap aktif selama berpuasa. Agar tidak cepat lelah, olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga ringan seperti jalan kaki, sit-up, ataupun squat. Berpuasa dikombinasikan dengan berolahraga akan mempercepat proses penurunan bobot tubuh.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini