nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menyeimbangkan Ibadah dan Pekerjaan di Bulan Puasa

Fahmi Abidin Achmad, Jurnalis · Senin 13 Juni 2016 15:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 06 13 196 1413745 tips-menyeimbangkan-ibadah-dan-pekerjaan-di-bulan-puasa-ZpXUp8mcPP.jpg Ilustrasi Mengantuk di Tempat Kerja. (Foto: insight.dice.com)

TANTANGAN terberat saat bulan Ramadan adalah saat harus bangun sahur, padahal ketika pagi Anda harus bekerja, akibatnya mengantuk kemudian tertidur di tempat kerja. Waktu kerja Anda akan terbuang. Lantas bagaimana mengatur waktu Anda antara bekerja dan ibadah agar pekerjaan tetap beres, tetapi ibadah juga lancar?

1. Ubah jam tidur menjadi lebih awal

Selama bulan Ramadan biasanya kantor mengeluarkan kebijakan penyesuaian pola jam kerja. Jam masuk kerja dimajukan, jam istirahat siang dihapuskan, dan pulang lebih awal. Manfaatkan waktu pulang yang lebih cepat ini dengan berbuka puasa bersama keluarga di rumah lalu shalat tarawih. Setelah itu, pergi tidur lebih awal agar istirahat Anda cukup dan badan kembali bugar. Sebenarnya, waktu tidur Anda tidak berubah saat bulan Ramadan dengan bulan lain, hanya pengaturannya saja yang disesuaikan.

2. Usahakan tidak kembali tidur usai sahur

Manfaatkan bulan Ramadan dengan beribadah shalat Tahajud pada sepertiga malam. Setelah selesai, siapkan diri untuk makan sahur. Keuntungan lain di bulan Ramadan adalah bisa menjalankan shalat Subuh berjamaah. Ingat, shalat berjamaah pahalanya 27 kali lipat dibandingkan dengan shalat sendiri.

Biasanya karena masih mengantuk setelah makan sahur dan salat subuh muncul godaan untuk pergi tidur lagi. Daripada tidur lagi dan beresiko terlambat bangun lebih baik mempersiapkan tugas-tugas yang akan dikerjakan di kantor. Tidak ada salahnya bukan?

3. Manfaatkan baik-baik waktu perjalanan ke kantor

Jika Anda pergi ke kantor dengan menggunakan angkutan umum manfaatkan waktu perjalanan dengan mengaji Al Quran. Selama Ramadan sering kita lihat di angkutan umum ada orang-orang yang sedang mengaji. Ini lebih baik daripada tidur karena menjaga badan tetap segar.

4. Lawan rasa kantuk dengan ibadah

Saat tubuh dan pikiran kita aktif bekerja rasa kantuk akan hilang dengan sendirinya. Tapi, jika tiba-tiba kantuk menyerang segera cuci muka atau ambil wudhu untuk shalat sunnah. Lakukan hal ini saat jam istirahat siang dengan melakukan shalat dzuhur berjamaah agar rasa kantuk hilang.

5. Pulang selalu tepat waktu

Ketika jam kantor usai segera pulang demi menghindari kemacetan di jalan. Tiba lebih cepat di rumah lebih baik karena Anda juga jadi punya waktu istirahat cukup.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini