Gejala Terserang Tifus di Trimester 2 dan 3 Kehamilan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2016 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 13 481 1413968 gejala-terserang-tifus-di-trimester-2-dan-3-kehamilan-aQd6tSw6gX.jpg Gejala terserang tifus (Foto: Boldsky)

TIFUS selama hamil dapat berakibat fatal bagi kesehatan ibu maupun perkembangan janin. Karena itu, tifus harus dicegah agar tidak menyerang wanita yang sedang hamil.

Salah satunya dengan melakukan tindakan pencegahan setelah mendeteksi gejala. Setelah sebelumnya telah membahas gejala tifus pada trimester kehamilan pertama, kini kita akan memberikan info tentang gejala tifus pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Tifus pada trimester kedua kehamilan dapat ditandai dengan perut membengkak lebih dari normal. Sementara, pada trimester ketiga kehamilan gejala-gejala tifus meliputi berikut ini:

- Kehilangan nafsu makan disertai dengan penurunan berat badan

- Kelelahan fisik

- Diare dengan berbau busuk, air dan tinja kekuningan

- Cepas bernapas

- Kebingungan

Dalam hal apapun, yang jelas sangat penting untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di awal. Namun, perlu diketahui, uji tifus sebelum hari kelima infeksi tidak akan memberikan diagnosis yang akurat. Demikian dilansir dari Pregnancybabycare, Selasa (14/6/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini