Manfaat Tersembunyi dari Minum Secangkir Teh Hitam

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2016 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 14 481 1415003 manfaat-tersembunyi-dari-minum-secangkir-teh-hitam-SbdVTndbM4.jpg Minum teh hitam cegah penyakit kardiovaskular (Foto: Thehealthsite)

MUNGKIN teh hitam tidak sepopuler teh hijau yang lebih dikenal banyak orang saat ini. Tapi, teh hitam menyimpan manfaat kesehatan yang tak kalah dengan teh hijau.

Karena itu, tak ada salahnya jika Anda memulai kebiasaan minum teh hitam setiap hari untuk menjaga kesehatan. Jika belum yakin, berikut alasan Anda perlu memulai kebiasaan minum teh hitam setiap hari:

Mengendalikan keringat berlebih

Jika Anda menderita keringat berlebihan atau bau badan, maka minum teh bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Hal ini karena teh hitam mengandung tanin yang memiliki sifat anti-mikroba yang mengurani bakteri. Selain itu, teh hitam juga mencegah pengendapan protein, sehingga membuka saluran keringat pada kulit.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Sebuah studi di European Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa minum 3 cangkir per hari menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Efek jantung sehat ini adalah karena aksi antioksidan polifenol dalam teh hitam.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Teh hitam kaya antioksidan, polifenol dan senyawa anti-inflamasi membantu meningkatkan kekebalan dan menurunkan risiko infeksi. Untuk menuai manfaat maksimal, gunakan panaskan air sampai 2 menit dan jangan tambahkan susu ke dalam teh hitam.

Menurunkan risiko kanker

Minum teh hitam tidak hanya mengurangi risiko kanker, tetapi juga menghambat kelangsungan hidup sel-sel kanker. Hal ini karena teh hitam mengandung epigallocatechin gallate dan polifenol lainya yang berperan sebagai pelindung alami dari kanker. Demikian dilansir dari Thehealthsite, Rabu (15/6/2016)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini