Mulai Kebiasaan Hidup Sehat Sederhana dalam 7 Hari

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2016 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 15 481 1415491 mulai-kebiasaan-hidup-sehat-sederhana-dalam-7-hari-fCaiLcPD5O.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KEHIDUPAN modern yang cepat dan praktis dengan teknologi saat ini telah mengubah banyak kebiasaan sehari-hari cenderung tidak sehat. Kurang tidur, tidak sempat olahraga, malas makan sayur dan buah serta mencukupi minum adalah beberapa masalah sederhana yang banyak dimiliki.

Namun demikian, masalah ini dapat diubah dengan meningkatkan "awareness" atau perhatian dan menetapkan tujuan sederhana untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi baik atau lebih, kata Melanie Kristanto, Director of Communications Shangri-La Hotel Jakarta, yang ikut merayakan Global Wellness Day 2016.

Global Wellness Day, sebuah inisiatif global untuk meningkatkan gaya hidup sehat sejak 2013, dirayakan Shangri-La Hotel dengan kampanye "Ikrar 7 hari gaya hidup sehat". Sesuai dengan 7 tujuan kampanye yang diharapkan Global Wellness Day (GWD), waktu seminggu untuk konsisten dengan target perubahan diharapkan bisa mengubah kebiasaan untuk jangka panjang.

"Kalau kita melihat masalah warga Jakarta, terutama, sebenarnya dapat diubah dengan kebiasaan sederhana saja. Misal, mereka yang selalu sibuk bekerja mungkin hanya butuh tambahan waktu satu jam untuk relaksasi dan istirahat. Yang ingin bugar hanya perlu waktu untuk olahraga dan memilih makanan yang benar. Perubahannya mungkin kecil, tapi 'in the long run' akan sangat berdampak," tuturnya, saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa 14 Juni 2016.

Adapun 7 tujuan atau manifesto dari GWD adalah membuat masyarakat mau melakukan perubahan kecil seperti jalan kaki satu jam sehari, berhenti merokok, minun air mineral lebih banyak, tidak menggunakan botol plastik, makan makanan organik, tidur jam 10 malam, dan makan malam sama keluarga.

"Tantangan 7 hari saya rasa akan lebih mudah diterapkan. Apalagi kalau lihat masyarakat Jakarta saat ini sudah lebih sadar akan gaya hidup sehat. Kalau kesadaran dan keinginan sudah ada, sekarang tinggal bagaimana kita mengkondisikannya, membuka kesempatan dengan berbagai kegiatan positif ," ujarnya.

Shangri-La Hotel pun turut berkontribusi dengan mengadakan kegiatan untuk merayakan GWD, kemarin (14 Juni). Beberapa kegiatan diadakan, seperti kelas yoga ringan menjelang berbuka, nail spa, mini massage, diikuti kegiatan berbuka puasa dengan menu organik dan bahan lokal. Selain itu, peserta kegiatan juga diajak untuk mengikuti tantangan melakukan perubahan gaya hidup selama 7 hari dengan pilihan berhenti merokok, makan buah dan sayur, olahraga 30 menit setiap hari, atau minum cukup setiap hari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini