nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Mengejutkan Penyebab Leher Selalu Sakit

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2016 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 16 481 1416575 alasan-mengejutkan-penyebab-leher-selalu-sakit-Bt9Kn3S8vu.jpg Sering membungkuk penyebab sakit leher (Foto: Boldsky)

KETIKA Anda mengeluh leher selalu sakit, Anda mungkin berpikir ini karena salah bantal atau waktu yang Anda habiskan untuk mengetik. Tapi kebiasaan kecil yang tidak Anda sadari berikut bisa menjadi faktor penyebab leher sakit.

Sering membungkuk

Merosot di atas meja dengan bertopang dagu saat menggunakan komputer dapat mengganggu simetri tubuh dan memicu ketegangan otot leher dan bahu Anda. Ini berarti kepala, leher, tulang belakang, dan panggul harus sejajar secara vertikal.

Anda masih merokok

Dari kanker paru-paru sampai diabetes terkait dengan kebiasaan merokok. Tak ketinggalan juga nyeri leher kronis. Merokok membuat cakram di punggung dan leher Anda kekurangan cairan pelumas dan proses regeneratif atau penuaan berlangsung cepat.

Merokok juga menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit, sehingga pasokan oksigen yang sampai ke tulang belakang berkurang. Dikutip dari Menshealth, Kamis (16/6/2016), satu cara untuk mengatasinya adalah jangan menunda untuk berhenti merokok.

Terlalu berlebihan bermain smartphone

Menggunakan smartphone nonstop tidak hanya menyakiti jemari. Setiap kali Anda menunduk apakah itu untuk membalas pesan teman Anda, membaca e-mail, atau bermain candy crush, Anda akan menempatkan banyak ketegangan pada otot leher.

Kepala kita memiliki berat sekitar 6 kg jadi dibutuhkan banyak upaya untuk menegakkannya. Mengurangi waktu menatap layar smartphone, memegang telepon di depan mata sehingga tidak perlu menunduk, dan melakukan peregangan secara berkala adalah solusinya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini