nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Minum Kopi Panas Bisa Memicu Kanker!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2016 18:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 16 481 1416947 awas-minum-kopi-panas-bisa-memicu-kanker-ZNeSKjleWS.jpg Waspada, minum kopi panas picu kanker (Foto: Thehealthsite)

NAMPAKNYA pecinta kopi harus berhati-hati dalam menikmati minuman favoritnya. Sebaiknya, jangan minum kopi dalam yang masih panas. Kenapa?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, minum kopi pada suhu normal tidak akan meningkatkan risiko kanker. Hal ini sekaligus mengubah penelitian WHO pada tahun 1991 yang mengklasifikasikan kopi sebagai karsinogen atau pencetus kanker.

Berdasarkan penelaahan lebih dari 1.000 studi, International Agency for Research on Cancer (IARC), bagian dari WHO, mengatakan bahwa kopi tidak dapat diklasifikasikan sebagai karsinogen. Tapi, IARC memperingatkan bahwa minum kopi pada saat panas bisa menyebabkan kanker.

IARC mengatakan, minum minuman yang sangat panas dapat menyebabkan kanker kerongkongan. Penelitian tentang kanker WHO mengatakan, ada bukti menunjukkan bahwa minuman yang dikonsumsi di atas 65 derajat celsius dapat menyebabkan kanker kerongkongan.

Karena itu, terlepas dari kopi, minuman yang di atas suhu 65 derajat celsius mungkin dapat menjadi karsinogenik bagi manusia. Demikian yang dilansir dari Thehealthsite, Kamis (16/6/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini