nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ladies, Jangan Abaikan Migrain jika Tak Ingin Terkena Penyakit Ini

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2016 10:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 06 17 481 1417654 ladies-jangan-abaikan-migrain-jika-tak-ingin-terkena-penyakit-ini-tqUpbE6GGI.jpg Wanita sering migrain berisiko terkena penyakit kardiovaskular (Foto: Thehealthsite)

NAMPAKNYA wanita tidak boleh menganggap sepele pusing. Karena, sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang menderita sakit kepala migrain memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Temuan menunjukkan wanita yang sering mengalami migrain memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke atau serangan jantung. "Analisis kami menunjukkan bahwa migrain harus dianggap sebagai penanda risiko penting penyakit kardiovaskular, terutama pada wanita," kata pemimpin penelitian Tobias Kurth, Head of the Institute of Public Health (IPH) di Charite Universitatsmedizin Berlin yang dikutip Thehealthsite, Jumat (17/6/2016)

Temuan didasarkan pada analisis data yang dikumpulkan sebagai bagian dari Nurses Health Study II. Sebuah tim peneliti Amerika Serikat dan Jerman menganalisis data 115.500 wanita yang terdaftar dalam Nurses Health Study II.

Para peserta yang berusia 25 sampai 42 tahun tersebut pada awalnya bebas dari penyakit kardiovaskular, dan 17.531 di antara mereka didiagnosis memiliki migrain. Selang tahun 1989 sampai 2011, kasus kardiovaskular menimpa 1.329 wanita, dan 223 di antaranya meninggal dunia.

Dari hasil tersebut, Kurth mengatakan bahwa risiko mengembangkan penyakit kardiovaskular terbukti menjadi 50 persen lebih tinggi pada wanita yang menderita migrain. "Risiko mengembangkan serangan jantung 39 persen lebih tinggi pada wanita yang menderita migrain, risiko mengalami stroke 62 persen lebih tinggi, dan mengembangkan kondisi angina 73 persen," jelas Kurth

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini