Lakukan Ini agar Tetap Bugar Selama Puasa

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2016 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 18 481 1418851 lakukan-ini-agar-tetap-bugar-selama-puasa-p7Riht9FBl.jpg Bugar saat puasa (Foto: Dailyburn)

PUASA Ramadan sudah berlalu beberapa belas hari dan Anda mengeluhkan tubuh yang lelah dan kurang bugar?

Tidak ada kata terlambat untuk mulai bergerak bahkan olahraga agar bulan suci Ramadan bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Berikut tipsnya, seperti dilansir dari Alarabiya.

Latihan fisik setelah buka puasa

Berolahraga saat puasa dapat menyebabkan hormon stres meningkat, yang dapat mengubah suasana hati, menguras energi, dan memperlambat metabolisme dalam jangka panjang. Oleh karena hal ini, penting untuk mengisi tubuh Anda dengan bahan bakar penting sebelum dan setelah latihan.

Jadi cobalah untuk berolahraga setelah buka puasa. Lakukan olahraga intensitas rendah hingga sedang daripada olahraga berat. Dengan begitu, Anda akan mampu mempertahankan metabolisme tetap sehat tanpa membakar lebih banyak energi.

Jangan memaksakan diri terlalu keras

Latihan atau olahraga terlalu keras juga tidak disarankan. Jangan lakukan olahraga lebih dari 45 menit, lalu perbanyak pemanasan dan pendinginan. Jika Anda lebih ke latihan beban, kurangi jumlah waktu angkat beba dan habiskan waktu lebih lama untuk jeda di antara set latihan.

Makan sedikit dan sering

Banyak dari kita mengeluhkan berat badan yang naik selama Ramadan karena berbuka lebih banyak untuk balas dendam. Makan besar sekaligus justru dapat membebani sistem pencernaan, menyebabkan Anda merasa lelah dan menstimulasi penurunan gula darah, sehingga memperlambat metabolisme.

Pergi ke luar rumah

Puasa dapat menjadi tantangan mental yang sulit ketika cuaca panas datang, membuat Anda lebih memilih mengurung diri daripada keluar rumah. Padahal dengan berjalan-jalan di luar rumah, jantung Anda akan berdetak lebih cepat, aliran darah dan oksigen lancar, tidak hanya untuk otot tapi untuk semua organ, termasuk otak.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini