Tidur di Siang Hari Turunkan Tekanan Darah

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2016 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 21 481 1421206 tidur-di-siang-hari-turunkan-tekanan-darah-1JlLyY6JOy.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BAGI orang dewasa, tidur siang di tengah hari terasa lebih seperti hadiah daripada hukuman. Tidur siang, walaupun sebentar, bisa membuat kita lebih segar bahkan mencegah kenaikan tekanan darah yang tidak diinginkan.

Penelitian yang disampaikan oleh Dr Manolis Kallistratos dan rekan-rekannya di European Society of Cardiology Congress Agustus 2015 mengevaluasi efek tidur di siang hari pada tekanan darah (BP) dari 386 pasien paruh baya (200 laki-laki dan 186 perempuan) dengan hipertensi arteri.

Para peneliti mengukur tekanan darah pasien di kantor, tekanan darah ambulatori 24 jam, pulsa kecepatan gelombang, gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari, indeks massa tubuh (BMI), dan penilaian ekokardiografi lengkap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mengambil tidur di tengah hari, rata-rata pengukuran tekanan darah ambulatori lebih rendah 5 persen, tekanan darah saing hari lebih rendah 4 persen dan tekanan darah malam lebih rendah 6 persen, bila dibandingkan dengan pasien yang tidak tidur siang sama sekali.

Selain itu, pasien yang tidur di siang hari memiliki atrium kiri jantung lebih kecil dan kecepatan gelombang pulsa lebih rendah, menunjukkan kerusakan yang lebih rendah pada sistem jantung akibat tekanan darah tinggi.

Tidur siang yang lebih lama dikaitkan dengan tekanan darah lebih rendah dan cenderung mengurangi kebutuhan obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah. Demikian dilansir dari Timesofindia, Selasa (21/6/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini