nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Donor Darah Bantu Turunkan Berat Badan Lho

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2016 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 21 481 1421228 donor-darah-bantu-turunkan-berat-badan-lho-hsa8e8krs7.jpg Donor darah bantu turunkan berat badan (Foto: Starmedica)

MENDONORKAN darah adalah salah satu kegiatan mulia yang bisa tetap kita lakukan di bulan puasa. Selain beramal, studi baru mengungkapkan manfaat lain dari donor darah yang bisa memotivasi seseorang untuk mau menyumbangkan darahnya.

Menyumbangkan darah disebutkan bisa membantu menurunkan berat badan serta mengurangi risiko penyakit serius. Menurut peneliti di University of California, San Diego, Anda bisa membakar sekitar 650 kalori dari satu liter darah yang telah disumbang.

“Seseorang yang secara teratur mendonorkan darah bisa membantu menurunkan berat badan. Tetapi ini tidak boleh digunakan sebagai alat untuk menurunkan berat badan dengan cara apapun,” kata peneliti, dilansir dari Zeenews, Selasa (21/6/2016).

Selain itu, donor darah juga bisa memangkas risiko penyakit jantung. Itu karena donor darah mengurangi kadar zat besi yang dapat mengoksidasi dalam darah Anda. Ketika kelebihan zat besi dalam darah mengoksidasi, itu bisa merusak sistem kardiovaskular Anda.

Jadi, anggap donor darah sebagai kesempatan untuk membantu orang lain sambil perlahan berusaha untuk mendapatkan berat badan sehat dan mengurangi risiko penyakit tertentu. Tapi, ingat untuk makan makanan bergizi baik sebelum, selama, dan setelah proses donasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini