nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Botox vs Filler, Ini Perbedaaannya!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2016 07:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 23 194 1423683 botox-vs-filler-ini-perbedaaannya-YkeXHCl6im.jpg Perbedaan botox dan filler (Foto: Skinhampshire)

BOTOX dan filler, dua treatment ini tentu sudah sering terdengar oleh telinga Anda. Ya, botox dan filler merupakan cara untuk mendapatkan wajah yang lebih menarik.

Namun, sebenarnya bagaimana perbedaan antara botox dan filler? Menurut dokter ahli kecantikan, dr Olivia Ong, dipl. AAAM, botox dan filler merupakan tindakan rekonstruksi non-operasi. Kedua prosedur ini bisa dilakukan tanpa perlu pembiusan atau penanganan dokter bedah plastik. Sudah banyak klinik kecantikan yang bisa Anda datangi untuk melakukan botox dan filler.

"Memang botox dan filler ini saingan. Pertama yang muncul adalah botox, kemudian filler. Perbedaannya kalau botox untuk mengatasi kerutan yang merupakan hasil dari kontraksi otot yang berlebihan, jadi biar relaks. Misalnya, kerutan di sekitar mata, garis senyum, dan kerutan di dalam tengah dahi," papar dr Olivia Ong, dipl. AAAM, di Jakarta Aesthetic Clinic, kemarin.

Sementara, filler merupakan pengisian cairan hyaluronic acid pada area cekungan atau kekosongan di wajah. Misalnya agar dagu lebih panjang, tulang pipi lebih menonjol, hidung lebih mancung dan menghilangkan kantung mata.

Baik botox dan filler aman untuk digunakan oleh semua orang, baik pria atau wanita, dengan rentang usia berapa pun, selama terindikasi melakukan kedua hal tersebut. Misalnya, indikasi pipi lebar bisa lakukan botox.

Lantas, manakah yang paling efektif atau paling baik dikerjakan di antara botox dan filler?

"Kita lihat masalah pasiennya seperti apa, kebutuhannya bagaimana," tutup dokter lulusan fakultas kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya itu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini