nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Gunakan Hand Sanitizer bagi Kulit

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2016 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 24 481 1424510 bahaya-gunakan-hand-sanitizer-bagi-kulit-MSkb9v0OXW.jpg Hand sanitizer (Foto: Livestrong)

HAND sanitizer merupakan pengganti sabun untuk membersihkan tangan. Tampaknya memang simple, tapi kalau digunakan terus-menerus bisa mengiritasi kulit Anda.

Sekertaris Jenderal Persatuan Ikatan Dokter Indonesia dr Adib Khumaidi SpOT mengatakan, ada kandungan alkohol di dalam hand sinitizer yang dapat mengiritasi kulit. Maka Anda jangan terlalu sering pakai hand sinitizer agar tidak menerima risiko itu.

"Kandungan alkohol di dalam hand sinitizer sangat banyak. Ini tidak bagus dipakai karena dapat merusak kulit," ujarnya dalam acara temu media yang digelar IDI dan Dettol di Kantor PB IDI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2016).

Selain itu, tambah dia, hand sinitizer juga tidak efektif menghilangkan kuman di tangan. Dianjurkan Anda cuci tangan pakai sabun, dibanding pakai hand sinitizer.

"Cuci tangan pakai sabun lebih bersih. Apalagi kalau menerapkan 6 langkahnya. Jadi kalau pergi kemanapun sebaiknya bawa sabun dibanding hand sinitizer," simpulnya.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini