Ini Kelebihan Saffron Asal Iran

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2016 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 25 298 1425160 ini-kelebihan-saffron-asal-iran-utiGP93zNY.jpg Saffron asal Iran punya kelebihan (Foto: Rohanisaffron)

PERNAH dengar kata saffron? Ini merupakan bumbu rempah yang kerap digunakan dalam masakan Timur Tengah.

Saffron biasa dicampurkan dalam makanan seperti nasi atau sajian penutup. Efeknya, tak hanya memberi warna pada makanan, tapi saffron juga berperan membuat aroma makanan jadi lebih sedap.

Ada banyak jenis saffron yang tersedia. Mulai dari saffron kering yang masih dalam bentuk benang sari hingga bubuk. Sejumlah negara di Timur Tengah juga penghasil saffron dengan ciri khas berbeda. Lantas, di antara banyak jenis saffron mana yang baik dan disukai?

"Saffron Iran lebih bagus. Aslinya berwarna merah dan biasanya masih berupa benang sari," ungkap Didi Sarwono, Executive Chef Hotel The Hermitage kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Dia menambahkan, saffron dari Iran punya beberapa kelebihan, yakni lebih memiliki aroma tajam, kuat, dan khas. Efek warna makanan jika memakai saffron Iran juga lebih menarik karena kualitasnya sudah terkenal baik.

"Aromanya lebih kuat dan khas. Kalau dipakai tinggal di-infused saja atau dicampur saat proses memasak," pungkasnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini