nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tunda Punya Anak Bisa Sulit Hamil di Masa Mendatang

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2016 14:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 25 481 1425133 tunda-punya-anak-bisa-sulit-hamil-di-masa-mendatang-sG58Niuene.jpg Pasangan tidak mau bercinta (Foto: Shutterstock)

TIDAK sedikit pasangan suami-istri berniat menunda punya momongan karena beragam alasan. Padahal, ini tidak disarankan karena dapat menyulitkan sang istri untuk hamil. Kenapa bisa?

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Eric Kasmara SpOG mengatakan, pasangan suami -istri yang sulit memiliki momongan umumnya disebabkan karena tidak subur (infertilitas). Namun, ada pula yang sengaja menunda untuk hamil dan akhirnya menyulitkan diri sendiri.

"Bertahun-tahun tiadk hamil bisa dikatakan infertilitas. Tapi bisa juga karena waktu yang tidak subur dan sengaja menunda hamil karena pekerjaan," terangnya dalam talkshow Tabloid Mom & Kiddie & Bio Oil berjudul ‘Your Pregnancy: Family Happiness Start Now!’ di Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Jakarta Barat, Sabtu (25/6/2016).

Dia menambahkan, kalau pasangan suami -istri sudah niat menunda, biasanya sengaja memakai kontrasepsi yang memiliki jangka panjang. Maka dari itu, Anda harus segera konsultasi ke dokter dan menghitung masa subur saat ingin hamil.

"Banyak pasien yang sulit hamil karena pekerjaan, kemudian pasang kontrasepsi. Ada juga yang tidak pernah menandai masa suburnya," ungkapnya.

Dia pun memberi trik agar pasangan suami- istri cepat punya momongan. Caranya adalah dapat menghitung masa subur masing-masing, tidak pakai kontrasepsi dan rajin berhubungan seks sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

"Sebenarnya, penelitian menyebutkan 85 persen pasangan subur hamil di usia pernikahan pertama. Tapi karena niat menunda, bisa jadi waktu suburnya tidak mudah dikenali," tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini