Banyak Anak Berisiko Alami Ini saat Hamil Lagi

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2016 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 25 481 1425258 banyak-anak-berisiko-alami-ini-saat-hamil-lagi-cqztGFwn5V.jpg Cek kesehatan kandungan (Foto: Shutterstock)

PLASENTA previa sangat jarang dialami ibu hamil. Namun, kondisi ini rawan terjadi jika Anda sudah memiliki banyak anak, sehingga terjadi penutupan jalan lahir dengan sendirinya.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Eric Kasmara SpOG menerangkan, plasenta istilah awamnya adalah ari-ari. Ini adalah organ penting yang menghubungkan janin dan ibu. Fungsinya untuk pertukaran oksigen dan makanan untuk janin.

"Plasenta previa sangat mengganggu kehamilan. Ini tumbuhnya di bawah atau area fundus yang bisa menghalangi jalan lahir," ucapnya dalam talkshow Tabloid Mom & Kiddie & Bio Oil berjudul ‘Your Pregnancy: Family Happiness Start Now!’ di Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Jakarta Barat, Sabtu (25/6/2016).

Jika ibu hamil mengalami plasenta previa, dr Eric mengatakan, tidak bisa melahirkan secara pervaginam normal. Karena jalan lahir sudah terhalang lebih dulu.

"Kondisi ini tidak bisa membuat ibu melahirkan normal karena jalan lahir terhalang," tambahnya.

Juga, dr Eric membeberkan penyebab seorang ibu hamil mengalami plasenta previa. Dia mengungkap, ternyata wanita yang sudah sering melahirkan risiko mengalami masalah ini.

"Penyebabnya kadang kalau anaknya banyak, bisa terjadi penutupan jalan lahir dengan sendirinya. Jadi, plasentanya adanya di mulut rahim," tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini