nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Dapur Tetap Adem, Masak Jadi Nyaman

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 27 Juni 2016 00:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 26 298 1425766 5-tips-dapur-tetap-adem-masak-jadi-nyaman-u3Jk843RLQ.jpg Menjaga dapur adem agar masak jadi nyaman (Foto:Homedoo)

MEMASAK di dapur bisa jadi hal menyenangkan. Namun lain cerita jika dapur begitu terasa panas dan bikin gerah. Siapun yang masuk ke area ini pasti tidak betah.

Agar proses memasak jadi menyenangkan. Jaga suhu dapur tetap sejuk. Simak lima tips berikut ini sebagaimana dilansir Thekitchn, Senin (27/6/2016)

Jangan nyalakan oven

Cara termudah agar dapur Anda tetap adem dan sejuk adalah dengan tidak menyalakan oven ketika tidak digunakan. Jika cuaca sedang panas, lebih baik urungkan niat Anda untuk membuat makanan yang dipanggang dengan oven. Ganti dengan makanan yang lebih mudah dibuat semisal rebus-rebusan, atau tumisan.

Gunakan oven dengan bijak

Menggunakan oven dengan bijak merupakan salah satu cara untuk menjaga suhu dapur tetap sejuk. Pagi atau malam hari adalah waktu yang paling tepat ketika hendak membuat kue atau masakan lain yang butuh waktu lama memprosesnya.

Sediakan kipas angin

Tak ada salahnya untuk menyediakan kipas angin agar dapur terasa sejuk. Pastikan kipasnya menghadap berlawanan arah dengan kompor atau oven. Karena jika keduanya sejajar, bukannya bikin dapur jadi sejuk, tapi malah menyebar suhu panas.

Redupkan lampu

Pastikan cahaya lampu cukup ketika Anda sedang memasak di dapur. Jika memungkinkan, coba redupkan lampu dan tutup tirai di jendela agar dapur terasa lebih sejuk dan nyaman.

Jangan menggunakan pakaian berlebihan

Meski bagaimana pun, dapur merupakan tempat yang bisa menguras keringat. Memakai baju berlapis-lapis bukanlah ide cemerlang. Gunakan pakaian berbahan setipis mungkin agar keringat bisa cepat menguap dan tidak membuat lembab. Dengan cara ini, masak jadi nyaman dan bebas suhu panas menggangu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini