nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Busana Baru Harus Langsung Dicuci

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 27 Juni 2016 18:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 27 194 1426623 alasan-busana-baru-harus-langsung-dicuci-03Omu7PFm3.jpg Busana baru harus langsung dicuci (Foto: Shutterstock)

SETELAH puas membeli busana baru, tidak dipungkiri terkadang rasanya kita tidak sabar ingin langsung mengenakannya. Alhasil, busananya tidak dicuci terlebih dahulu.

Namun sebetulnya, apakah langsung mengenakan baju baru langsung dari toko ini cukup aman untuk dilakukan atau tidak? Lana Hogue, seorang ahli manufaktur pakaian dari Garment Industry 411 menyebutkan, bahwa tindakan ini sangat tidak dianjurkan.

“Anda harus, bahkan wajib sekali untuk mencuci terlebih dahulu baju baru sebelum mengenakannya. Terutama untuk jenis pakaian yang jika dikenakan akan menghasilkan keringat dari dalam tubuh, sekalipun Anda membeli pakaian dengan material bahan 100% dari katun ” jelas Lana.

Ditambahkan Lana, untuk setiap satu helai pakaian, hampir dari setiap benang dan kain yang dicelup itu mengandung bahan kimia. Di mana tentu bahan kimia ini memiliki efek samping pada kulit, seperti dapat mengakibatkan dermatitis atau ruam merah.

Lana menambahkan, bahwa proses pembuatan kain dengan menggunakan bahan kimia memang kebutuhan dan tidak terhindarkan. Banyak orang menganggap bahwa pakaian-pakaian yang diproduksi ini ‘diperlakukan’ secara kimia. Namun sebetulnya, industri tekstil yang komersil ini sendirilah yang membutuhkan proses kimia itu sendiri. Lana juga menyebutkan, bahwa pakaian yang bermaterial bahan fiber alami pun masih membutuhkan bahan kimia caustic.

Seperti dilansir Seventeen, Senin (27/6/2016), berikut daftar dari Lana perihal jenis pakaian yang wajib dicuci walaupun dalam keadaan baru saja dibeli dari toko.

- Kaus kaki

- Underwear

- Undershirts

- Baju olahraga

- T-shirts

- Celana pendek

- Dress untuk musim panas

- Swimsuit (baju renang, baju menyelam, outfit untuk kegiatan dalam air)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini