nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Camilan yang Tak Bikin Gula Darah Diabetesi Naik

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 27 Juni 2016 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 27 481 1426438 camilan-yang-tak-bikin-gula-darah-diabetesi-naik-1IxBwj9ULq.jpg Berry smoothie pisang (Foto: Thehealthsite)

NGEMIL penting untuk menjaga kadar gula darah stabil, terutama bagi penderita diabetes atau diabetesi. Kini, diabetesi dapat ngemil camilan tanpa harus khawatir kadar gula darah melonjak.

Namun, diabetesi atau pasien diabetes harus tepat memilih camilan. Berikut camilan sehat agar pasien diabetesi tak khawatir gula darah naik saat ngemil seperti dilansir dari Thehealthsite, Senin (27/6/2016).

Kacang dan buah kering

Almond dan buah-buahan kering, seperti cranberry kering tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak, bahkan membuat kenyang. Namun, pasien diabetes tetap harus mengontrol porsinya, karena camilan ini padat kalori.

Yoghurt dengan kismis

Makan setengah gelas yoghurt rendah lemak dengan satu sendok kismis dapat menjadi camilan memuaskan pasien diabetes. Kismis tidak meningkatkan kadar gula darah, sehingga menjadikannya camilan sempurna untuk pasien diabetes tipe 2.

Telur rebus

Telur rebus dapat menyediakan banyak protein. Anda dapat membuatnya menjadi masakan telur mata sapi untuk bekal sarapan yang nikmat.

Apel dengan selai kacang

Satu apel kecil utuh dapat memberikan 20 gram karbohidrat, sehingga membuat Anda berenergi. Anda juga bisa makan apel ditambah satu sendok makan selai kacang untuk mengendalikan rasa lapar dan kadar gula darah.

Berry dan smoothie pisang

Campurkan setengah potong pisang dengan setengah cangkir susu rendah lemak, serta berry untuk camilan sehat pasien diabetes. Untuk meningkatkan protein, tambahkan satu sendok teh bubuk protein ke dalam campuran tersebut. Namun, pastikan camilan Anda tidak lebih dari 150 kalori agar tidak membuat kadar gula darah melonjak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini