Kiat Anti Panik Ditinggal Mudik Asisten Rumah Tangga

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Senin 04 Juli 2016 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 29 196 1428760 kiat-anti-panik-ditinggal-mudik-asisten-rumah-tangga-oxmwl8MwVl.jpg ditinggal mudik (Foto: Surfnetparents)

BAGI sebagian masyarakat urban kehadiran asisten atau pembantu rumah tangga sangat diperlukan, dan akan menjadi kepanikan tersendiri ketika hari raya para pembantu rumah tangga tersebut pulang ke kampung halaman.

Jika ini juga terjadi dalam keluarga, jangan panik. Justru keadaan ini bisa dimanfaatkan untuk bonding antar keluaga yang sebelumnya tidak dapat dilakukan di hari biasa.

"Kalau PRT pulang kampung ini berarti berita bagus, Anda bisa turun gunung untuk lebih dekat dengan anak. Buat aja agenda pekerjaan per harinya. Semisal ibu memasak, ayah mencuci, anak-anak menyapu dan mengepel. Di hari berikutnya di switch," papar psikolog anak Sutji Sosrowardoyo kepada Okezone belum lama ini.

Ia juga menambahkan, dengan menukar peran setiap harinya kita akan semakin tahu apakah anak bisa dilimpahkan tanggung jawab yang belum pernah mereka kerjakan, semisal memasak. "Nah masak kan hal baru buat anak, percayakan aja menu yang akan dibuat anak, nanti kan mereka belajar buat rencana, dan akhirnya lebih menghargai pekerjaan PRT," tutup Sutji.

Yang terpenting adalah sedari awal jangan menjadikan ini beban untuk keluarga, pegang teguh konsep bergotong royong dan sikapi dengan menyenangkan.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini