nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Condet Jakarta Timur, Surganya Makanan Khas Timur Tengah

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2016 11:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 29 298 1428149 condet-jakarta-timur-surganya-makanan-khas-timur-tengah-gBstvV6lcL.jpg Nasi kebuli khas Timur Tengah (Foto: Dinno/Okezone)

KAWASAN Condet, Jakarta Timur, sudah dikenal lama dengan khasnya pengaruh budaya Arab. Hal itu terbukti dari banyaknya warga keturunan Arab yang tinggal, budaya saat Bulan Ramadan, toko pernik oleh-oleh haji, hingga restoran makanan khas Timur Tengah yang berjajar di sepanjang Jalan Raya Condet.

Kurang lengkap rasanya jika ke kawasan ini tak mencoba makanan ala Timur Tengah yang begitu populer. Berikut Okezone rangkum tiga tempat makan lezat di kawasan Condet.

Martabak Puas Ibu Hj. Maryam

Dari rekomendasi Okezone di atas. Agaknya gerai Martabak Puas Ibu Hj. Maryam jadi restoran paling legendaris khas Timur Tengah. Pasalnya diketahui, gerai yang dikenal dengan sebutan "resto puas" ini sudah ada sejak 1965 di Ibu Kota, meski baru beberapa tahun belakangan pindah ke kawasan Condet, Jakarta Timur.

Sajian khas Timur Tengah yang tersaji pada umumnya sudah cukup familiar. Misalnya saja roti jala, roti cane, kare kambing, nasi kebuli, sambosa, martabak hingga nasi briyani.

"Dari dulu yang paling favorit nasi kebuli sama martabak. Namun belakangan nasi briyani juga banyak yang pesan," ungkap Sobari, staf yang sudah bekerja puluhan tahun di restoran ini kepada Okezone.

Semua hidangan dimasak dengan racikan bumbu khas dan cita rasanya tidak berubah sejak dulu.

RM Al Mukalla

Tak jauh dari lokasi Sate Tegal Abu Salim, RM Al Mukalla bisa jadi tempat singgah bersantap hidangan lezat Timur Tengah. Menu yang disuguhkan cukup beragam dan terpampang dengan bahasa penyebutan cukup rumit pada buku menu.

Misalnya saja nasi kabsah, mandhi laham, mughal gal, roti fuul, roti hommos, roti maryam, syurbeh dan lain sebagainya. Semua hidangan dimasak dengan racikan bumbu autentik dan cara tradisional.

Warung Sate Tegal Abu Salim

Melirik nama gerainya, sudah bisa ditebak jika restoran ini menyuguhkan hidangan lezat khas Nusantara dan Timur Tengah. Benar saja, mulai dari sate kambing, krengsengan, sampai nasi kebuli menjadi menu paling favorit pelanggan.

Konon restoran ini sudah berdiri selama 29 tahun di kawasan ini. Di setiap makanan yang tersaji memadukan unsur Arab sehingga cita rasanya khas dan kaya bumbu.

Tak hanya sate kambing, tapi juga tersedia gulai kambing, krengsengan, nasi kabsah, dan nasi kebuli. Produk susu kambing, bumbu kare, roti maryam, dan produk herbal khas Arab juga tersedia.

1 / 3
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini