Siapkan Ini Sebelum Boyong Anak Mudik

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 04 Juli 2016 05:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 196 1429711 siapkan-ini-sebelum-boyong-anak-mudik-YqEI7YhkDU.jpg Mudik (Foto: Truecar)

TRADISI pulang kampung alias mudik selalu menjadi rutinitas tahunan bagi umat muslim di Tanah Air. Perjalanan mudik membawa anak tentu tidak mudah.

Pasalnya, setiap mudik arus lalu lintas selalu macet, anak-anak pasti akan bosan di jalan. Oleh sebab itu, orangtua perlu menyiasati berbagai hal agar anak tidak rewel di jalan.

Menurut motivator anak dan remaja, Vivid Argarini, ada tiga hal yang perlu dipersiapkan orangtua sebelum mengikutsertakan anak dalam perjalanan jauh. Maka, inilah tiga persiapan penting sebelum mengajak anak mudik.

Vitamin

Ini berguna untuk menjaga stamina tubuh agar terhindar dari sakit karena kelelahan perjalanan. Andai belum puasa, asupan nutrisi juga penting. Biasakan menyiapkan camilan sehat, buah apel dipotong kecil-kecil. Boleh konsumsi snack (junk food) tapi jangan terlalu banyak. Air putih harus. Tidak apa-apa buang air sering.

Mainan

Bisa bahan bacaan atau game. Namun, semua dibatasi penggunaannya. Terpenting, ketika bepergiaan bersama adalah 'ngobrolnya'. Bercerita seru, biarkan anak-anak cerita panjang lebar sesuka hatinya.

Perhatikan pakaiannya

Berkeringat tidak? Basah tidak? Segera ganti, jangan biarkan anak-anak merasa tidak nyaman.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini