Jangan Biarkan Anak Tak Paham Makna Idul Fitri

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2016 02:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 196 1429743 jangan-biarkan-anak-tak-paham-makna-idul-fitri-QxIdKLRqnx.jpg Orangtua dan anak (Foto: Mdpcdn)

APA yang dapat dipahami anak-anak tentang Hari Raya Idul Fitri? Makan ketupat, opor ayam, atau uang THR?

Ya, anak-anak memang belum dapat memaknai Hari Raya Idul Fitri sebagaimana orang dewasa merasakan indahnya hari ‘kemenangan’. Namun, jangan biarkan anak hanya mengerti tradisi hari raya tanpa mengerti maknanya.

Menurut pemerhati anak, Vivid Fitria Argarini, orangtua perlu menjelaskan tentang hari raya yang bermakna namun sederhana. Khususnya untuk anak di bawah usia lima tahun. Setidaknya lebaran adalah momen berkumpul bersama keluarga.

“Hari yang istimewa di mana semua menyediakan waktu untuk bertemu bersama. Keluarga besar, dari kakek, nenek, ayah, ibu, kakak adik, om, tante, sepupu dan semua berkumpul,” terang wanita lulusan University of Wisconsin, Whitewater jurusan Komunikasi.

Ia menambhakan, untuk anak kecil, katakan di bawah 5 tahun, adalah momen bergembira, berkumpul bersama. “Tahap ini dulu. Jadi merayakan kebersamaan seluruh anggota keluarga.”

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini