Ingat, Hindari Berutang jika Kekurangan Dana Lebaran

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2016 00:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 196 1429752 ingat-hindari-berutang-jika-kekurangan-dana-lebaran-f2Z87MVtX5.jpg Hindari berutang saat lebaran (Foto: Expertbeacon)

JELANG hari raya Idul Fitri, biasanya diiringi dengan meningkatnya kebutuhan pokok. Kenaikan harga itu tentu membuat para ibu rumah tangga harus memutar otak memenuhi kebutuhan saat lebaran.

Tak jarang jalan pintas pun diambil dengan cara berutang demi semua kebutuhan tercukupi. Namun, tepatkah jalan ini dipilih? Lantas, bagaimana caranya agar terhindar dari berhutang?

Seorang wanita karier sekaligus ibu rumah tangga, Vivid Fitria Argarini mengatakan, berutang bukan pilihan. Menurutnya ada kesalahan manajemen keuangan jika sampai terjadi pinjam uang untuk memenuhi kebutuhan di hari raya.

“Enggak banget kalau sampai berutang, itu tandanya unplanned atau mismanaged,” terang Vivid kepada Okezone.

Secara bijak, wanita lulusan University of Wisconsin, Whitewater jurusan Komunikasi ini mengajak para ibu untuk membuat perencanaan yang rinci.

“Jangan pas-pasan, usahakan ada sisa dana walau sedikit. Ini untuk jaga-jaga, misalnya kesehatan atau kebutuhan mendesak lain,” bebernya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini