Ini Penjelasan dari Mana Lagu Tahu Bulat Berasal

Agregasi Pikiran Rakyat, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2016 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 298 1429178 ini-penjelasan-dari-mana-lagu-tahu-bulat-berasal-EZoy8WHLir.jpg foto: istimewa

BANDUNG - “TAHU bulat di goreng dadakan 500-an hallo. Tahu bulat di goreng dadakan 500-an wakwaw.”

Lirik lagu itu tak asing di telinga kita karena sering dinyanyikan para pedagang tahu bulat di mobil jualannya.

Tidak ada yang bisa memastikan siapa yang menciptakan lagu tahu bulat untuk pertama kalinya. Akan tetapi, penuturan Ojos (22) penjual tahu bulat keliling ini bsia dijadikan rujukan.

Sejauh yang diketahuinya, lagu itu direkam atasannya, sang pemilik usaha tahu bulat di kediamannya di Ciamis. “Yang saya tahu, Waktu itu bos saya sengaja ngerekam suaranya di rumah dia dan setelah itu rekamannya dibagikan kepada para penjual,” tuturnya.

Penjual tahu bulat berasal dari beberapa tempat di antaranya Tasikmalaya, Ciamis, Sukabumi, dan Cianjur. Namun lagu tersebut berbeda di setiap tempatnya. Di Ciamis, lagu itu biasanya diakhiri dengan kata ‘halo’. Sementara jika dari Tasikmalaya dan Sukabumi diakhiri dengan kata ‘wakwaw”.

Di Bandung, setiap pedagang tahu bulat yang berasal dari Ciamis berpencar ke beberapa tempat di antaranya seperti sekitar jalan Diponegoro, Dipatiukur, Cilaki, Alun-alun Bandung, Gedebage, dan Panyileukan. Sementara penjual tahu bulat dari Kawali Ciamis Utara beredar di sekitar Bandung Timur.

Bahan mentah tahu bulat mereka dapatkan dari dari Ciamis dengan jumlah 3 ribu hingga 4 ribu tahu bulat dalam sekali pengriman melalui jalur darat dan langsung diantar ke tempat kediaman penjual.

Para penjual menyatakan, semua modal usaha berasal dari juragan tahu bulat mulai dari mobil, bahan mentah, tenda mobil, dan gas elpiji.

Menurut Ojos, menjual tahu bulat merupakan pekerjaan yang enak dan tidak melelahkan dibanding bekerja kantoran lantaran penjual hanya mengendarai mobilnya di tempat yang telah dibagikan lalu duduk di sana sampai tahu bulatnya habis terjual.

Penjual biasa berdagang mulai pukul 9 pagi hingga 21 malam. Bahan tahu bulat berasal dari tahu putih halus, kuning telur , baking powder double acting, kaldu bubuk, dan minyak goreng.

Bagi yang ingin membuat sendiri tahu bulat, pembuatannya dimulai terlebih dahulu dengan mencuci tahu putih kemudian dihancurkan dan saring airnya dengan menggunakan kain serbet bersih. Tinggalkan ampas tahunya lalu Masukkan kuning telur, kaldu bubuk, dan baking powder double acting. Campur bahan sambil diremas-remas untuk melembutkan adonan tahu.

Bentuk bulatan dengan menggunakan telapak tangan sampai permukaannya licin. Masukkan ke dalam wadah yang ada tutupnya, simpan dalam lemari es minimal 3-4 jam. Setelah 3 jam, keluarkan dari lemari es dan biarkan 10 menit di suhu ruangan.

Sembari menunggu, panaskan minyak goreng sampai panas. Kecilkan api. Goreng tahu dalam minyak yang banyak menggunakan api sedang yang cenderung kecil. Aduk tahu hingga mengembang.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini