Segera Hadir, Logam Antibakteri untuk Industri Pangan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2016 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 298 1429358 segera-hadir-logam-antibakteri-untuk-industri-pangan-vQ6KgYvVhH.jpg Logam antibakteri aman untuk industri pangan (Foto: Telegraph)

SEKELOMPOK ilmuwan asal Italia baru saja menemukan satu inovasi baru. Mereka menciptakan logam antibakteri untuk industri pangan.

Terinspirasi dari daun bunga teratai, mereka menemukan sebuah metode dimana permukaan logam antibakteri bisa menangkal air seperti pola silang laser dan bisa membersihkan kotoran, debu, dan bersifat antibakteri.

“Penemuan ini akan lebih hemat energi (air, listrik dan gas ). Pasalnya, logam tersebut hanya butuh sedikit air ketika dibersihkan dan membuat makanan jadi lebih cepat matang. Sehingga penggunaannya lebih aman dan menguntungkan,” ucap Luca Romoli, ketua dalam penelitian tersebut, sebagaimana dilansir Telegraph, Kamis (30/6/2016).

Inovasi yang disematkan pada permukaan logam tersebut adalah semacam kantung udara miniatur untuk membatasi bidang kontak antara permukaan dan cairan. Sehingga memungkinkan cairan hanya “terpental” layaknya daun bunga teratai yang disiram air.

"Dengan cara yang sama, bisa disebut daun bunga teratai ini tetap menjaga dirinya sendiri tetap bersih, tanpa perlu dibersihkan atau penggunaan bahan kimia, bersekat, bergerigi hingga yang memiliki permukaan kasar,” tambahnya.

Meski proses pengembangan masih dalam tahap awal. Namun para ilmuwan mengatakan metode baru ini akan digunakan untuk permukaan antibakteri dalam industri produk pangan, semacam panci, wajan, hingga mesin pencuci piring.

"Bakteri tidak punya kesempatan untuk singgah karena air dan bahan pangan tidak kontak dengan permukaan logam. Begitu juga alat ini bisa menghemat air sekira 80 persen. Kami melihat sebuah logam anti-bakteri," tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini