nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai, Diare Paling Sering Serang Pemudik

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2016 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 30 481 1429208 waspadai-diare-paling-sering-serang-pemudik-pVSSYLctwb.jpg foto: ilustrasi

JAKARTA - Berbagai penyakit mudah menyerang saat menjalankan mudik. Salah satunya, infeksi pencernaan. Mulai dari diare, gastritis hingga infeksi saluran pencernaan yang bisa mengganggu perjalanan mudik.

"Karena saat puncak-puncaknya mudik itu kan kita sedang puasa. Ketika buka, makannya jadi kalap karena ditambah lelah dan bosan di perjalanan. Jadinya sering tidak memperhatikan kebersihan dan bisa memicu diare," papar dr M. Adib Khumaidi, SpOT di Jakarta.

Agar tetap sehat selama puasa, dr Adib menyarankan untuk memperhatikan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi dan tempat makan.

"Sebisa mungkin pilih tempat makan yang makanannya dimasak saat dipesan. Jadi bisa dilihat bagaimana cara memasaknya apakah higienis atau tidak," ungkapnya.

Selanjutnya, dr Adib menyarankan untuk menghindari jajan sembarangan dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Pasalnya, cara ini bisa mencegah kuman dengan mudah masuk ke mulut.

"Bawa selalu sabun atau hand sanitizier dan cuci tangan sebelum dan sesudah makan," pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini