Tips Cara Pilih, Beli & Simpan Buah Kiwi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2016 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 298 1430608 tips-cara-pilih-beli-simpan-buah-kiwi-5cbdSn3YGs.jpg Tips memilih dan menyimpan buah kiwi (Foto: Metro)

BUAH yang baik memang yang dipanen saat matang pohon, tapi berbagai hal membuat kiwi harus dipetik sebelum waktunya. Kiwi adalah buah yang cepat matang sehingga tak perlu khawatir saat buah kiwi yang Anda beli masih dalam keadaan kurang matang.

Dilansir dari AllRecipe, Jumat (1/7/2016), berikut cara memilih, membeli dan menyimpan buah kiwi agar kualitasnya terjamin bagus hingga digunakan.

Pilih buah yang seperti ini

Buah kiwi biasa dijual dalam kemasan ataupun dalam rak terbuka yang bisa dipilih dengan bebas. Sebelum membeli, lihat terlebih dulu bagian permukaan kulitnya, kiwi segar tidak memiliki bintik hitam gelap atau retakan pada bagian kulitnya. Tekan perlahan permukaannya, buah kiwi yang bagus memiliki tekstur yang agak keras dan padat saat ditekan.

Matangkan kiwi

Kiwi yang dijual di pasaran biasanya masih dalam keadaan setengah atau tiga perempat matang, jadi Anda tidak bisa langsung mengonsumsinya. Jika kiwi ingin disimpan dalam waktu cukup lama, segera masukkan lemari es saat tiba di rumah. Tapi jika ingin cepat mematangkannya, simpan kiwi dalam suhu ruang atau bersama buah penghasil gas etilen seperti apel atau pisang.

Bekukan buah kiwi

Kiwi bisa disimpan dalam keadaan beku. Untuk kiwi utuh, masukkan buah kiwi ke dalam kantong plastik lalu simpan dalam freezer hingga beku dan hingga waktu akan digunakan. Sementara jika ingin menyimpan buah kiwi dalam bentuk potongan, kupas kiwi hingga bersih lalu potong sesuai selera. Taburu kiwi dengan gula secukupnya untuk menjaga teksturnya. Simpan potongan buah kiwi dalam freezer hingga beku.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini