Saffron, Bumbu Mahal yang Mempercantik Kuliner Timur Tengah

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2016 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 298 1430760 saffron-bumbu-mahal-yang-mempercantik-kuliner-timur-tengah-e6TEt8qX2e.jpg Saffron mempercantik kuliner Timur Tengah (Foto:Wikipedia)

JIKA Anda pernah mencicipi makanan Timur Tengah sudah pasti tak asing dengan nasi mandhi dan nasi kebuli yang aroma dan warnanya khas. Salah satu penentunya adalah bumbu mewah bernama saffron.

Putik bunga yang langka ini banyak digunakan sebagai campuran bumbu dalam masakan Timur Tengah. Saffron berperan memberikan warna orange kemerahan dan juga aroma khas.

Chef Sarim Maulana Wahid dari restoran d'consulate Jakarta Pusat mengatakan saffron pasti digunakan saat membuat nasi mandhi atau nasi kebuli yang tak lain adalah makanan khas masyarakat Timur Tengah. Penambahan saffron dalam masakan hanya dalam jumlah sedikit namun sangat berpengaruh.

"Pakainya hanya sedikit saja. Kira-kira untuk satu liter beras hanya pakai seujung sendok teh saffron. Hanya 1/8 sdt saja," kata pria ramah yang akrab disapa Sarim ini saat ditemui Okezone beberapa waktu lalu.

Meskipun hanya digunakan dalam jumlah yang sedikit tapi sangat memengaruhi warna masakan dan juga aromanya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini