6 Akibat Sering Habiskan Waktu di Ruangan AC

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2016 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 481 1430158 6-akibat-sering-habiskan-waktu-di-ruangan-ac-3eOcT1DNhU.jpg Ilustrasi (Foto: Onlymyhealth)

AIR conditioner (AC) memang membuat orang nyaman karena bebas panas. Tapi jika terus-menerus berada di ruangan dingin itu dapat mengakibatkan banyak hal. Seperti apa saja?

Sinus

Para ahli berpendapat, bahwa orang-orang yang menghabiskan lebih dari 4 jam di lingkungan ber-AC sangat mungkin untuk mengembangkan risiko infeksi sinus. Selain itu, udara dingin AC juga menyebabkan pengerasan kelenjar lendir.

Penularan virus flu

AC tidak membuat orang mendapat sirkulasi udara segar secara alami. Dampaknya dapat menyebabkan penyebaran infeksi virus seperti flu dari satu orang ke orang lain.

Iritasi mata

Sering kali orang yang bekerja di ruangan ber-AC mengalami iritasi mata. Gejalanya yakni mata gatal yang tak kunjung reda. Rupanya hal ini disebabkan oleh paparan debu dan serpihan logam dari ruangan Anda yang tidak pernah dibersihkan secara rutin.

Kulit kering

Udara dingin yang dihasilkan oleh AC ternyata dapat mengeringkan sel-sel kulit Anda. Akibatnya, kulit menjadi kering dan kasar jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di ruangan ber-AC.

Alergi

Sering kali Anda lupa untuk membersihkan saluran AC yang. Sehingga banyak debu dan jamur berakumulasi. Akibatnya, udara yang bersirkulasi melalui saluran AC itu tidak higienis, sehingga menyebabkan reaksi alergi pada orang.

Lemahkan imunitas

Penelitian menyebutkan orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di lingkungan ber-AC memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Mereka pun cenderung mudah jatuh sakit dan sembuhnya pun lama. Demikian dilansir Boldsky, Jumat (1/7/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini