Bahaya Air Minum dalam Kemasan Dibuka 24 Jam

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2016 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 481 1431021 bahaya-air-minum-dalam-kemasan-dibuka-24-jam-lUXdGVXUKh.jpg Ilustrasi (Foto: Womenshealthmag)

MUNGKIN Anda merupakan salah satu orang yang terbiasa membiarkan air minum dalam kemasan terbuka 24 jam. Apalagi saat perjalanan mudik nanti, hindari kebiasaan ini karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

Ahli Gizi Prof Dr Ir Hardinsyah MS mengatakan, air minum dalam kemasan sebaiknya langsung diminum dalam sekali waktu. Karena dikhawatirkan dapat terkontaminasi bakteri.

"Pada dasarnya bila air minum dalam kemasan telah dibuka, ada kemungkinan berisiko terkontaminasi bakteri," ungkapnya dalam buku Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi.

Lebih lanjut, kata dia, salah satu jenis bakteri patogen tersebut tentu akan memengaruhi kualitas air minum. Jangan sampai ini terjadi pada Anda dalam kehidupan sehari-hari.

"Lalu, kebiasaan mengisi ulang dalam air minum botol plastik jangan dilakukan lagi. Proses pengisian tersebut juga dapat memicu bakteri," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini