nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidur Tidak Membakar Kalori? Ini Penjelasan Ahli!

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2016 23:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 02 481 1431586 tidur-tidak-membakar-kalori-ini-penjelasan-ahli-2ov5uKOVLa.jpg Tidur terlelap (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang berpendapat alasan tidak boleh makan malam karena saat tidur metabolisme melambat. Makanan yang diolah dan tidak dipakai untuk melakukan aktivitas fisik, kemudian akan disimpan menjadi lemak. Terdengar sangat masuk akal memang, tapi tidak juga demikian.

Aktivitas tidur tentunya tidak membakar kalori sebanyak melakukan aktivitas fisik sederhana seperti berdiri, kata Jansen Ongko, pakar gizi dan kebugaran. Sayangnya, mitos ini tidak jauh berbeda dengan mitos-mitos lainnya, masuk akal tetapi dengan pemahaman yang keliru.

“Pencernaan dan organ tubuh tidak berhenti bekerja selama kita tidur dan proses tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak dan regenerasi juga terjadi saat tidur. Otak manusia membutuhkan lebih banyak oksigen saat tidur, jadi keseluruhan proses ini tentunya membutuhkan kalori yang tidak sedikit,” tandasnya kepada Okezone.

Makan malam tidak selalu buruk, ujarnya. Kunci makan sehat adalah apa yang dimakan, bukan pada jam berapa kita makan. Untuk beberapa orang, makan malam sedikit lebih larut dapat membantu mengurangi rasa ingin makan pada tengah malam.

“Namun, hati-hati agar tidak makan malam terlalu dekat dengan jam tidur karena hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan tidur ketika fungsi pencernaan sedang bekerja ekstra untuk mencerna makanan yang baru saja dikonsumsi,” pesan ahli dari LaGizi ini.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini