nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik agar Hasil Foto OOTD Lebaran Banyak di-Like

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2016 05:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 04 194 1432651 trik-agar-hasil-foto-ootd-lebaran-banyak-di-like-S8vqc8Siip.png Blogger Dwi Handayani (Foto: Instagram)

MOMEN Hari Raya Lebaran kerap dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk berfoto bersama atau memamerkan OOTD (outfit of the day) busana lebaran. Foto OOTD umumnya menampilkan sang pemilik akun dengan gaya berbusana yang relatif oke.

Lantas, bagaimana menghasilkan foto OOTD saat nuansa Lebaran agar terlihat menarik di akun Instagram dan mendapatkan ribuan likes? Berikut adalah tips dan trik sebagaimana diungkapkan oleh Dwi Handayani, seorang fashion blogger, dalam sebuah acara talkshow di kawasan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Pemilihan kamera

Kamera atau alat yang digunakan untuk mengambil foto memang tidak bisa membohongi hasil dari foto tersebut. Oleh karena itu, pilihlah kamera atau alat yang paling baik. Dwi sendiri mengaku kerap menggunakan jenis kamera yang mirrorless untuk mengabadikan foto OOTD. Kendati demikian, menggunakan smartphone sendiri pun tidak masalah asal memperhatikan hal-hal berikut.

“Pakai smartphone sendiri juga bisa, kalau lagi enggak bawa kamera aku juga suka pakai smartphone. Tetapi, memang harus mencari spot yang benar-benar terang. Karena smartphone terkadang enggak fokus dalam menangkap cahaya yang gelap. Kalau fotonya di mall, di jalan, atau di rumah, pakai smartphone masih oke,” tambah spokeperson dari sebuah brand produk kecantikan itu.

Memilih spot yang bagus

Spot atau sudut yang bagus merupakan salah satu kunci keberhasilan foto OOTD yang banyak di-like . Oleh karena itu, pastikan untuk memilih spot yang tepat saat berfoto. Misalnya, dengan memilih latar tembok yang clean agar tampilan busana yang ditampilkan akan terlihat stunning.

Pemilihan editing foto

Usai mengambil foto tentu proses lain yang tidak kalah penting adalah melakukan editing atau filter. “Terkadang hasil foto yang diambil terangnya enggak sesuai jadi kita harus mengombinasikan dengan filter untuk menerangkan atau mungkin menggelapkan sedikit, jika terlalu terang. Disesuaikan kembali dengan hasil fotonya,” terang Dwi.

Pilih hashtag yang tepat

Menurut pemilik akun Instagram @dwihandaanda ini, sebelum mengunggah foto carilah beragam hashtag pada bagian ‘Tag’. Kemudian, cobalah ketik ‘#Muslimah’.

“Biasanya ketika ketik ‘#Muslimah’ nanti hasil pencariannya akan banyak. Misalnya, temuannya ada ‘#Muslimmahhits’ atau ‘#MuslimahHijabers’ dan macam-macam. Lalu, pilih yang bukan termasuk dalam top ten karena itu cukup favorit, kalau kita pakai hashtag itu nanti unggahan foto kita bisa jadi akan ketutup. Jadi, pilih yang selain itu, atau di bawah-bawahnya,” pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini