nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui 3 Risiko Kesehatan yang Mengancam Pemudik

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2016 12:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 07 08 481 1434079 ketahui-3-risiko-kesehatan-yang-mengancam-pemudik-Ja0W3ZE8H9.jpg Ancaman kesehatan bagi pemudik kendaraan motor (Foto: Okezone)

JAUH perjalanan yang disertai macet, harus dihadapi para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor. Tetapi jika kondisi kesehatan fisik dan mental tidak dikelola dengan baik, bisa menyebabkan beberapa risiko.

RSUP Persahabatan menyebutkan 3 risiko kesehatan yang kerap mengancam pemudik, berikut ulasannya, Jumat (8/6/2016).

Kelelahan dan kurang istirahat

Memang sewajarnya, perjalanan panjang dan kemacetan selalu identik dengan kelelahan dan kurang tidur. Kedua hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan daya tahan tubuh, serta kurang sistem pemulihan tubuh. Ketika sistem imunitas berkurang dan performa fisik menurun, bisa berdampak kurangnya konsentrasi pengemudi. Risiko terburuk, dapat menyebabkan kecelakaan.

Stres psikologis

Kemacetan memang memiliki dampak buruk pada pikiran pemudik, terutama pengemudi. Stres psikologis yang dialami pengemudi, mengakibatkan masalah pada sistem pernapasan. Stres menstimulasi sistem simpatis dan adrenomedullary yang berdampak pada kontraksi otot saluran pernapasan. Kondisi tersebut berefek pada penyempitan saluran napas, misalnya saja terjadi asma.

Gangguan sistem pernapasan

Polusi udara adalah hal utama yang dihadapi pemudik dalam kondisi macet. Terutama para pemudik kendaraan roda dua. Kondisi lelah dan sistem kekebalan tubuh yang kian menurun, ditambah akumulasi polusi, bisa berdampak pada sistem pernapasan pengemudi. Tidak jarang pengemudi datang ke dokter dengan keluhan batuk, flu, sesak napas, hingga pusing kepala. Beberapa hal tersebut, berkaitan dengan dampak polusi udara selama perjalanan mudik.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini