nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ajarkan Anak Mandiri ketika PRT Pulang Kampung

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Senin 11 Juli 2016 15:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 07 11 196 1435472 ajarkan-anak-mandiri-ketika-prt-pulang-kampung-3b9M0Z1sVD.jpg Pola asuh (Foto: Parenting)

MENGAJARKAN anak mandiri sangatlah penting. Terlebih ketika Hari Raya tiba dan asisten rumah tangga pulang ke kampung halaman.

Ada alasan bagi anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang belum pernah dikerjakan sebelumnya. Berikut tiga pekerjaan sederhana yang bisa dilakukan oleh anak sendiri.

Membuat makanan sendiri

Tak usah terlalu fokus dengan makanan yang pengerjaannya sangat rumit. Cukup buat sandwich dengan isi favorit yang tentunya bergizi untuknya. Misalnya, ikan tuna atau ikan salmon dengan sayur-sayuran yang tak perlu diolah terlebih dahulu sehingga anak bisa langsung melahapnya.

Bangun tidur sendiri

Jika di hari biasa anak selalu dibangunkan oleh Anda atau Asisten Rumah Tangga (ART), kali ini terapkan untuk bangun sendiri. Namun, jangan lupa untuk memberikan arahan malam sebelumnya untuk menyalakan alarm.

Mencuci baju

Aktivitas yang satu ini sedikit berat dan mungkin saja tak bisa terselesaikan dalam waktu seharian bila tak ada bantuan dari Anda. Ajak anak mencuci baju bersama, ini akan membuat mereka mandiri dan tahu bagaimana caranya mencuci baju sekaligus meningkatkan ikatan antara orangtua dan anak. Demikian dilansir Parenting, Senin (11/7/2016).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini