Trik Siasati Pola Makan pada Anak

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 11 Juli 2016 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 11 298 1435315 trik-siasati-pola-makan-pada-anak-RacYzhH2w3.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

PADA masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi. Pola makan tepat tentu jadi kunci utama terpenuhinya zat gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan otaknya dan pertumbuhan tubuhnya.

Banyak orangtua yang kurang paham kombinasi makanan yang sesuai untuk putra putrinya. Dilansir dari Boldsky, Senin (11/7/2016) berikut langkah yang bisa dilakukan untuk menyiasati makan yang benar pada anak agar asupan makanan tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak.

Pakai piring kecil

Gunakan piring kecil saat menyuguhkan makanan untuk si kecil. Ukuran piring yang kecil membuat anak cepat menghabiskan makanan di hadapannya. Si kecil juga akan lebih cepat merasa kenyang. Jika Ibu menggunakan piring yang besar, maka otomatis ingin mengisinya dengan lebih banyak makanan dan seolah memaksa anak untuk menghabiskan makanannya.

Perbanyak sayuran

Anak-anak belum banyak memilih makanan, usahakan setiap ada kesempatan pastikan ibu memberi asupan sayuran. kandungan serat pada sayuran sangat baik untuk pencernaan si kecil. Selain itu kebiasaan makan sayur ini akan terbawa hingga si anak dewasa.

Berikan banyak buah

Buah adalah pilihan yang baik untuk anak-anak dibandingkan memberinya sepotong cokelat, es krim ataupun permen. Beri anak-anak buah yang banyak disukai seperti apel dan pisang. Kandungan gula alami pada buah menyumbang nutrisi yang baik untuk si kecil.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini