nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sayuran di Nasi Kotak Tak Cukup Penuhi Kebutuhan Serat

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 11 Juli 2016 07:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 11 481 1435147 sayuran-di-nasi-kotak-tak-cukup-penuhi-kebutuhan-serat-k4BSgwpQ35.jpg Makanan kita perlu asupan serat dan vitamin (Foto: Shutterstock)

MENU makanan nasi kotak sering menyajikan beberapa potong batang daun dan sayuran, seperti timun atau buah pisang dan jeruk. Sayangnya, jumlahnya lebih sedikit dari komposisi lauk pauk dan karbohidrat. Apa benar ini bisa membantu memenuhi kebutuhan serat dan vitamin atau hanya sebatas pencuci mulut saja?

Menu makanan nasi kotak memang cenderung menyajikan sayuran dalam jumlah sedikit. Hal ini tidak sesuai dengan anjuran konsumsi sayur harian tubuh, kata ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD.

“Konsumsi sayur yang benar adalah minimal satu sampai dua kepalan tangan setiap kali makan untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh,” tuturnya kepada Okezone.

Secara umum, para ahli merekomendasikan konsumsi lima atau lebih porsi buah dan sayuran dengan masing-masing 1,5-2 cangkir.

“Sayuran yang terdapat pada nasi kotak ini umumnya hanya sebatas pencuci mulut saja dan pelengkap menu yang disajikan. Namun, hal ini lebih baik daripada tidak terdapat sayur sama sekali,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini