nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasannya Cukup Memiliki Dua Anak

Fahmi Abidin Achmad, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2016 16:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 12 196 1436323 ini-alasannya-cukup-memiliki-dua-anak-BVNwGognOP.jpg Ilustrasi Ibu Memiliki Dua Anak. (Foto: gettyimages.com)

PADA masa lalu banyak keluarga yang memiliki lebih dari tiga orang anak, bahkan dengan mengusung filosofi “banyak anak banyak rejeki” diantaranya rutin menambah anak setiap tahun. Hingga akhirnya muncul slogan kampanye “dua anak cukup” yang digaungkan pemerintah, dengan tujuan kesehatan. Namun sejatinya banyak manfaat lain jika memiliki dua anak saja.

1. Berbagi

Beruntung bagi Anda yang memiliki dua anak dengan jarak umur 10 tahun, karena anak tertua Anda pasti senang memiliki adik dan berbagi perhatian ibunya – malah hal ini menjadikan alasan untuk tidak terlalu diperhatikan.

2. Waktu

Menjadi Ibu adalah pekerjaan seumur hidup, dan ini adalah pekerjaan paling menantang di dunia tanpa ada cuti, sehingga dengan dua anak mungkin Anda akan merasa masih punya waktu cukup untuk break dan memanjakan diri saya sendiri.

3. Investasi

Memiliki anak adalah investasi besar dalam hidup, sehingga Anda bisa memilih untuk hanya memiliki sesuatu sebatas kemampuan. Anda tentu ingin mengusahakan agar anak-anak bisa mendapatkan akses dan fasilitas terbaik, dan itu butuh dana. Sehingga Anda perlu bekerja lebih keras.

4. Usia

Bukan cuma bicara tentang usia produktif tapi juga kesehatan Anda secara fisik. Bukan hanya untuk proses kehamilan dan melahirkan tapi proses di awal-awal tahun pertama di mana kita harus berlari, menggendong, bahkan ditrubuk manusia kecil yang beratnya bisa 20 – 25 kg.

5. Karier

Dengan keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak dan juga keinginan untuk meningkatkan kualitas diri sendiri, Anda juga ingin punya karir yang stabil untuk diri sendiri dan keluarga. Tidak bisa bohong, ini adalah komitmen terpisah tapi berkaitan. Menjadi ibu bekerja membutuhkan manajemen karier dan keluarga, dan ini bukan hal sederhana.

6. Cinta

Saat ini mungkin Anda masih menjadi orang tua tunggal, tapi saat Anda memiliki pasangan baru pastinya harus menjadi pasangan yang baik untuk anak-anak. Anda bukan hanya sebatas menjadi Ibu, tapi juga istri, sahabat, dan pasangan hidup. Menjaga keseimbangan di antara tugas – tugas ini? Juga tidak mudah.

7. Kualitas Hidup

Tidak ada yang pernah bilang jika punya anak banyak akan menurunkan kualitas hidup, tapi dengan kemampuan Anda saat ini, akan menjadi tantangan untuk mempertahankan kualitas hidup Anda dan keluarga. Dan kualitas ini bukan hanya tentang finansial, tapi juga waktu, kebersamaan, perhatian, dan banyak hal lainnya.

 

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini