nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menyiapkan Balita Memasuki Dunia Sekolah

Fahmi Abidin Achmad, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2016 16:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 12 196 1436377 tips-menyiapkan-balita-memasuki-dunia-sekolah-q3GCi5PlBc.jpg Ilustrasi Balita Bermain di Playgorup. (Foto: nydailynews.com)

MEMPERKENALKAN rutinitas sekolah kepada balita tidak mudah. Biasanya mereka langsung tertarik melihat mainan yang melimpah di sekolah. Tapi tak sedikit anak yang menolak berpisah dengan orangtuanya alias mengalami separation anxiety disorder sehingga orang tua terkadang menemani ke sekolah. Berikut tips bagi para orang tua yang hendak mendaftarkan hingga memperkenalkan anak balita  dunia sekolah di playgroup atau Taman Kanak-Kanak.

1. Terapkan rutinitas harian

Sejak usia 3 bulan, secara alami seorang anak sudah menunjukkan keteraturan dalam aktivitasnya. Karenanya, jadwal rutinitas harian sudah bisa diterapkan sejak usia dini. Dengan adanya rutinitas harian, anak akan belajar mengantisipasi kegiatan dan mengenali sinyal dari tubuhnya sendiri, apakah lapar, mengantuk, atau bersemangat untuk bermain. Membiasakan anak menjalankan rutinitas harian akan membuatnya lebih siap mengikuti jadwal bermain di sekolah.

2. Bepergian tanpa orang tua

Menyesuaikan diri dengan suasana sekolah akan lebih mudah jika si kecil terbiasa bepergian tanpa orang tua. Misalnya membiasakan anak-anak sesekali pergi ke toko dengan neneknya, pergi ke taman bersama tante dan sepupunya, atau bermain dengan anak-anak sebaya di sekitar rumah. Secara perlahan, rasa percaya diri mereka tumbuh.

3. Belajar berkenalan dengan orang baru

Ketika di sekolah nanti, anak akan menemui banyak sosok baru, mulai dari guru, teman sekelas, sampai petugas sekolah, Anda pun harus sejak awal sudah membiasakan mereka bertemu dan berkenalan dengan orang lain selain orang tua. Misalnya, mengajaknya ikut arisan keluarga besar, mengizinkan anak mengikuti playdate di rumah teman, dan sebagainya.

4. Bercerita tentang sekolah

Anak-anak jadi cepat paham dan lumayan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dengan bercerita tentang sekolah dan kegiatan apa saja yang dilakukannya. Selain bercerita pengalaman pribadi, bisa juga ajak anak membaca buku cerita bergambar tentang sekolah dan hal-hal yang berhubungan dengan sekolah, seperti tentang guru, tentang kegiatan bermain bersama teman, dan tentang belajar.

5. Mengunjungi sekolah

Sebelum mulai bersekolah, ajak anak mengunjungi sekolah barunya untuk melihat-lihat dan merasakan suasana di dalamnya. Jika memungkinkan, ajak ia bermain dengan bermacam-macam mainan yang ada di sana dan biarkan ia mengeksplorasi sekolah dengan caranya sendiri.

6. Simulasi waktu sekolah

Beberapa minggu sebelum mulai bersekolah, ajak anak tidur 15 menit lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal 15 menit di pagi hari. Pada jam ketika anak seharusnya berada di sekolah, lakukan kegiatan bermain bersama dengannya di rumah. Dengan begini, anak akan terbiasa menepati jadwal harian yang sesuai dengan jadwal sekolahnya kelak. 

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini