Share

Daging Termahal di Dunia, Ayam Cemani Dibanderol Rp32 Juta per Ekor

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2016 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 12 298 1436084 daging-termahal-di-dunia-ayam-cemani-dibanderol-rp32-juta-per-ekor-nMFBasQZv8.gif Ayam cemani dibanderol Rp32 juta per ekor (Foto:Theorttheasttoday)

ADA beberapa jenis daging yang dibanderol dengan harga tinggi. Hal itu disebabkan karena jenis hewan, cara menangani, sampai populasi hewan yang terbilang langka. Seperti ayam cemani yang dianggap sebagai daging mahal di Amerika.

Selain itu, ada sejumlah daging lain yang punya harga mahal. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya sebagaimana dilansir Foodbeast, Selasa (12/7/2016).

Fugu

Ikan fugu masuk dalam daftar daging mewah. Harganya berkisar sekira USD135 ribu atau Rp1,7 juta per 450 gram. Ikan fugu dibanderol sangat mahal lantaran hanya koki bersertifikat yang boleh mengolah ikan fugu. Karena dikonsumsi sembarangan, sekira 20-40 orang di Jepang meninggal karena mengonsumsi ikan yang sangat beracun ini.

Sushi otoro

Masyarakat Jepang begitu mencintai ikan segar. Untuk daging mahal berkualitas mereka akan rela membayarnya. Misalnya pada sushi dengan daging tuna otoro yang dibanderol USD24 atau sekira Rp314 ribu per slice. Daging ikan tuna ini dirasa begitu mahal, karena otoro memiliki banyak lemak, jumlahnya sedikit, dan amat kaya rasa.

Jamon Iberico

Ini merupakan sejenis daging ham yang diasinkan atau disebut Iberian Ham. Dagingnya berasal dari daging babi black Iberian pig yang diternak bebas di kawasan Selatan Spanyol. Cita rasa daging ini cenderung sedikit pedas dan gurih serta cocok dinikmati dengan keju. Harga per 450 gramnya dibanderol sekira USD140 atau sekira Rp1,8 juta.

Kobe Wagyu

Daging kobe wagyu dikenal sebagai daging marmer, karena bentuknya mirip marmer sungguhan. Sedikit terlihat terbelah-belah karena jumlah lemak baik cukup banyak. Daging kobe wagyu sungguh punya standart tinggi dalam menjaga kualitas daging dari sapi masih hidup, hingga disembelih dan tersaji dalam bentuk potongan yang siap dikonsumsi. Untuk per 450 gramnya daging kobe wagyu dijual USD300 atau sekira Rp3,9 juta.

Ayam Cemani

Siapa sangka ayam cemani punya nilai jual tinggi di luar negeri. Ayam ini terbilang langka dan sangat unik. Mulai dari ujung jengger kepala, daging, organ tubuh, tulang, hingga ujung cekernya semua berwarna hitam. Hal itu disebabkan karena hiperpigmentasi yang dialami si ayam cemani. Konon di Tanah Air, ayam cemani erat kaitannya dengan mistis hingga diyakini sebagai obat beberapa penyakit.

Dan perlu diketahui, hanya ada satu orang di Amerika yang mengembangbiakkan ayam cemani. Dia menjual ayamnya sekira USD2.500 atau sekira Rp32 juta per ekornya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini