Sering Mimpi Terjatuh, Ini Cara Mengatasinya

Agregasi Pikiran Rakyat, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2016 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 12 481 1436166 sering-mimpi-terjatuh-ini-cara-mengatasinya-UxEKlLAHMf.jpg foto: ilustrasi

JAKARTA – Setelah menjalani aktivitas harian, tentunya, pada malam hari ataupun pada sela-sela waktu istirhat Anda akan bersegera untuk tidur. Namun mungkin Anda pernah mengalami suatu kondisi ketika di awal mulai tidur ada sensasi jatuh bahkan membuat Anda kaget.

Tidak perlu takut akan hal itu, karena National Sleep fopundation menjelaskan 70 persen orang pernah mengalami hal tersebut. Anda akan tertidur kembali namun ada juga yang langsung bangun karena kantuk hilang akibat rasa kaget.

Michael Breus, Ph.D,seorang pakar ilmu tidur yang juga pengarang buku The Power of When mengatakan fenomena ini disebut dengan "awal tidur" atau "hypnic jerk". Hyper Jerk terjadi karena adanya perubahan sistem dari dari mode aktif ke mode tidur.

"Hypnic Jerk disebakan perubahan sistem sayraf yang ditandai dengan mulai melambatnya tempo detak jantung, suhu tubuh menurun dan tubuh mulai rileks hingga membuat anda kejang atau ada sensasi kejut. Namun pada beberapa pasien saya, hypnic jerk membuat mereka makin sulit tidur," katanya dilansir PR Online dari Women Health.

Pendapat lainnya mengatakan kondisi otak yang tertidur lebih awal membuat dapat kesalahan arti dalam memaknai otot yang mulai rileks disangka kita terjatuh. Jika seorang kurang tidur ternyata justru otak kita makin cepat mudah tertidur sehingga risiko mengalami sensasi ingin jatuh semakin sering.

Menentukan jadwal dan lamanya waktu tidur dapat mengurangi potensi hypnic jerk, tidurlah secara rutin 7-8 jam setiap malam agar mata lebih gampang terpejam di malam hari. Kurangi asupan Kafein setelah tengah hari, bila dimalam hari anda masih sulit tertidur coba meditasi atau membaca buku.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini