Jangan Sepelekan Suara-Suara Aneh dari Tubuh Anda

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2016 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 13 481 1437164 jangan-sepelekan-suara-suara-aneh-dari-tubuh-anda-V1Trphuaxy.jpg Ilustrasi (Foto: Prevention)

INI bukan suara aneh seperti bisikan jin atau sebagainya. Tapi, suara seperti telinga berdenging, sendi yang berderak, atau perut bergemuruh yang tidak biasa. Dalam kondisi tertentu, suara-suara tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda harus menemui dokter.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa suara yang biasa muncul dari tubuh Anda tidak berarti baik, sebagaimana dilansir dari Prevention, Rabu (13/7/2016).

Perut keroncongan dengan rasa sakit

Bila usus bergejolak disertai dengan rasa sakit dan bengkak, terutama jika Anda mendengar suara tumpah saat Anda menekan perut Anda, periksakan ke dokter. Dalam kasus langka, perut dapat berkontraksi terlalu banyak atau terlalu sedikit, atau obstruksi, yang mungkin memerlukan operasi.

Telinga berdering

Dering atau dengung singkat dan lembut yang terdengar di telinga diketahui sebagai tinnitus. Pemicu dari gangguan yang bersumber dari otak Anda tersebut bisa menjadi tanda kerusakan telinga dalam, salah satunya karena paparan suara keras terus menerus.

Temui dokter jika tinnitus Anda terus-menerus terjadi atau jika terjadi hanya di satu telinga. Ini bisa menandakan adanya infeksi atau gangguan telinga dalam. Namun, sebagian besar kasus tidak memiliki penyebab, sehingga sering kali tidak ada obatnya.

Siulan dari hidung Anda

Jika Anda menyadari ini setelah Anda terjatuh, terkena hantaman di wajah, atau tusukan jari saat mengupil dapat menyebabkan robekan dan septum hidung berlubang. Pada kondisi tertentu, masalah ini bisa memerlukan pembedahan.

Sendi rahang berderak dan mengunci

Suara berderak dari rahang normal bila terjadi sesekali. Tapi, bila rahang Anda tiba-tiba tidak dapat membuka atau menutup, temui dokter. Jika rahang Anda sering beradu saat tidur, itu dapat menyebabkan kerusakan dan nyeri sendi. Hindari tekanan berlebih pada rahang karena mengunyah permen karet dan makanan kenyal.

Suara klik di tenggorokan ketika menelan

Ini bisa menjadi sinyal penyakit saraf yang mempengaruhi kontrol otot, seperti Parkinson. Kasus lain bisa disebabkan tulang rawan pada kelenjar tiroid yang berlebih, yang bisa ditangani dengan operasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini