nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Pertama Sekolah Anak Diantar Orangtua, Ini Manfaatnya

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2016 19:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 15 196 1439060 hari-pertama-sekolah-anak-diantar-orangtua-ini-manfaatnya-ajwy4KdlIP.jpg Pola asuh (Foto: Mcssl)

TAHUN ajaran baru bagi seluruh pelajar di Indonesia semakin mendekat. Ya, tanggal 18 Juli 2016 adalah hari pertama kegiatan belajar mengajar dari seluruh tingkatan sekolah, dasar, menengah, maupun atas.

Dalam rangka menyambut kegiatan belajar yang baru dimulai agar semakin kondusif, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, mengimbau masyarakat untuk melaksanakan kampanye Hari Pertama Sekolah dengan mengantar anak.

“Untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang lebih positif dan menyenangkan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memandang perlu diadakan kampanye Hari Pertama Sekolah yang mengajak orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama,” tulis Anies dalam surat edaran kepada seluruh pemimpin daerah di Indonesia tanggal 11 Juli 2016.

Tak hanya itu, menurut psikolog senior Rose Mini ajakan dari Menteri ini memang harus benar benar dilakukan, “Bahkan sesungguhnya jangan hanya ketika hari pertama sekolah. Ketika pertengahan semester atau sebisa mungkin sering dilakukan. Karena, orangtua harus mengetahui peraturan apa yang ada di sekolah, karena sesungguhnya banyak orangtua yang enggak mengetahui peraturan sekolah anaknya dengan jelas lho.”

Selain itu menurut psikolog yang akrab disapa bunda Romi ini, manfaat lain dari mengantar anak ketika hari pertama sekolah adalah orangtua jadi lebih tahu kegiatan anak, bagaimana pola pengajaran di sekolah dan bagaimana lingkungan teman-temannya.

“Kegiatan ini juga akan mengurangi ketimpangan. Jangan sampai karena kita engga tahu, di sekolah peraturannya sudah bagus, eh di rumah kita orangtua justru santai-santai aja atau sebaliknya,” tutup Bunda Romi kepada Okezone belum lama ini.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini