nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bau Terbakar, Maskapai Ini Putar Balik

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 17 Juli 2016 14:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 17 406 1439881 bau-terbakar-maskapai-ini-putar-balik-hUXF4pU6rA.jpg Air New Zealand (Foto: Dailymail)

PERMASALAHAN yang terjadi di dalam pesawat biasanya tak butuh waktu lama untuk disadari. Seperti terjadi pada Air New Zealand.

Penerbangan dengan nomor NZ103 terpaksa kembali ke Bandara Internasional Auckland, Selandia Baru setelah beberapa menit lepas landas. Hal ini dilakukan karena tercium bau sesuatu yang terbakar di dalam kokpit.

Bau terbakar tersebut diduga berasal dari aliran arus lisrik. Menyadari bau yang tak beres tersebut, pilot dalam penerbangan ini mengurungkan melanjutkan penerbangan menuju Sydney dan memilih untuk kembali ke Auckland. Kejadian ini dilaporkan oleh awak kabin pada Sabtu kemarin, sekira pukul 09.30 waktu setempat.

Pihak Air New Zealand mengatakan pesawat ini mendarat kembali di Bandara Internasional Auckland dengan keadaan baik.

"(Pesawat) kembali tak lama setelah lepas landas sebagai tindakan pencegahan atas bau tidak biasa yang terdeteksi di kokpit. Pesawat mendarat tanpa insiden sekira pukul 09.45," terang juru bicara tersebut dikutip Stuff, Minggu (17/7/2016).

Juru bicara tersebut melanjutkan, pesawat kemudian ditarik dan tidak digunakan untuk melayani penerbangan untuk diperiksa oleh bagian teknik mesin. Penumpang dialihkan ke pesawat lainnya.

Sebelumnya, dalam nomor penerbangan yang sama, terjadi hal serupa, yakni awak kabin dan penumpang mencium bau yang tak biasa yang diduga berasal dari mesin.

Peristiwa tersebut terjadi pada hari Selasa pekan lalu. Namun saat itu pihak maskapai yang pernah dinobatkan sebagai maskapai terbaik dunia ini mengatakan bahwa bau tersebut adalah hal yang biasa.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini