Ternyata Lemak Ini Baik untuk Kesehatan, Lho!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2016 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 18 481 1440763 ternyata-lemak-ini-baik-untuk-kesehatan-lho-o2Z9owF31n.jpg Ikan salmon mengandung lemak tak jenuh (Foto: Boldsky)

KADAR kolesterol yang tinggi dapat mengancam kesehatan seseorang. Kolesterol selalu identik dengan peran lemak yang merugikan. Tetapi tak semua jenis lemak bisa merugikan kesehatan.

Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam keju, mentega, daging ayam, daging, sapi, dan lainnya. Kadar lemak yang tinggi dapat memicu peningkatan lemak kolesterol jahat atau LDL.

Sedangkan, lemak tak jenuh dapat ditemukan pada ikan, alpukat, minyak zaitun, minyak canola, minyak dari kacang-kacangan. Mengonsumsi lemak dari asupan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Selain lemak jenuh, lemak trans juga dapat memperburuk kualitas kesehatan. Makanan olahan yang diproses dan menggunakan margarin, akan membentuk lemak trans. Apabila seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans, bisa berakibat pada masalah jantung dan diabetes.

Untuk mencegah terjadinya dampak buruk konsumsi lemak trans, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Misalnya saja salad yang dicampur dengan minyak zaitun. Minyak ini mampu menurunkan LDL dalam darah dan mencegah pembentukan plak.

Jadi, tak ada salahnya memilah-milah makanan yang berlemak, demi kesehatan. Alangkah baiknya, jika Anda menyertakan deret makanan lemak tak jenuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Demikian dikutip dari laman Boldsky, Senin (18/7/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini