Warna-Warna Cerah Jadi Ciri Khas Batik Sukabumi

Agregasi Pikiran Rakyat, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2016 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 20 194 1442266 warna-warna-cerah-jadi-ciri-khas-batik-sukabumi-WttUUvCUcK.jpg foto: PR Online

SUKABUMI - Batik Sukabumi memiliki corak dan warna yang khas. Corak batik Sukabumi pun sangat terkenal, baik oleh warga Sukabumi sendiri maupun luar kota bahkan sampai ke luar negeri.

Di salah satu sentra pembuat batik Sukabumi, yang terletak di jalan Kenari 2 no. 4 RT 01 RW 04 Sukabumi, terdapat berbagai pilihan corak atau motif. Corak Batik Sukabumi yang tersedia di sini diambil dari beberapa ciri khas seputar Sukabumi, seperti corak Pala, Daun Pisang, Penyu, Ikan, dan Kenari.

Corak khas Sukabumi yang cantik dipadupadankan dengan warna-warna cerah dan ceria. Hal itu membuat batik Sukabumi di tempat ini selalu diburu pembeli. Selain itu, letaknya yang berseberangan dengan pusat oleh-oleh makanan khas Sukabumi, moci, membuat tempat ini mudah dicapai dan ditemukan.

Keindahan corak dan warna yang cantik tak hanya menarik minat pembeli lokal saja, banyak turis asing yang sengaja datang ataupun memesan batik Sukabumi dari tempat ini. Seperti Australia dan Belanda yang selalu rutin memesan bingkai atau pigura batik tulis karya tempat ini.

Selain itu, batik Sukabumi ini juga telah ditetapkan menjadi salah satu oleh-oleh khas Sukabumi oleh pemerintah. Tak hanya itu, banyak penghargaan dan gelar juara pertama diraih oleh batik Sukabumi dari tempat ini di setiap even yang digelar.

“Sukabumi jangan sampai tertinggal, Sukabumi harus lebih bagus”, ungkap Irma Silvya, pemilik sentra batik Sukabumi, Selasa 19 Juli 2016.

Kisaran harga yang ditawarkan di tempat ini adalah Rp 50.000 hingga Rp 6 juta rupiah, tergantung corak, bahan, dan tingkat kesulitan pembuatan batik khas sukabumi tersebut. Omzet yang dicapai setiap bulannya, Irma mengaku bisa sekitar Rp 150 – 200 juta.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini